Dalam melakukan wirausaha diperlukan sebuah tanggung jawab sosial dari wirausahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
Ada 2 hal yang diperhatikan, antara lain Tanggung jawab sosial kepada konsumen dan lingkungan sekitar.
Tanggung Jawab Sosial kepada Konsumen
Contohnya adalah wirausahaan dalam bidang kuliner harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Yang terpenting adalah makanan/minuman yang kita sajikan adalah yang terbaik dan beda dari yang lainnya. Fasilitas juga harus memberikan kenyamanan kepada konsumen.
Tanggung Jawab Sosial kepada Lingkungan
Contohnya adalah wirausahaan yang akan membangun sebuah rumah makan padang harus memperhatikan lingkungan tempat menjualnya. Wirausahaan harus memperhatikan trend kesukaan konsumen di lingkungan tersebut. Tempat makan jenis fast food tidak cocok ditempatnkan di daerah yang tidak terlalu ramai.
Tanggung Jawab Sosial
Diposkan oleh
Syahnagra Farizi
di
06:48
Monday, 12 November 2012
Label:
Pengantar Bisnis Informatika
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment